Menelaah Sejarah Para Khalifah

  • Judul Buku: Sejarah Para Khalifah
  • Penulis: Hepi Andi Bastoni
  • Penerbit: Pustaka Al-Kautsar
  • Cetakan: Pertama, April 2008
  • Halaman: 436

Umat yang besar adalah umat yang mengetahui sejarah pendahulunya. Dengan mempelajari sejarah, sebuah bangsa bisa mengukir kejayaannya. Salah satu kekayaan Islam adalah sistem pemerintahan yang sering disebut sebagai khilafah. Pada masa-masa awal, yaitu masa khulafaaur Rasyidin, penerapan sistem pemerintahan masih berjalan di garis lurus. Namun setelahnya berganti banyak khalifah yang menerapkan sistem kekhilafahan tetapi mengabaikan sistem politik Islam.

Buku ini menyajikan sejarah khalifah secara komplit dati masa Abu Bakar Ash-Shiddiq hingga Abdul Majid II, yaitu khalifah yang memimpin Turki Utsmaniyah. Dalam buku ini dipaparkan tentang pergantian pemimpin dan pergulatan politik dalam sejarah Islam. Ada profil khalifah yang baik hati, berbuat adil, dan dicintai rakyatnya. Namun ada pula khalifah (baca: raja) yang hidupnya berfoya-foya, mengabaikan nasib rakyat yang menderita, bahkan tega melakukan pembunuhan demi mengejar kekuasaan.

Meskipun banyak buku yang menyajikan sejarah para khalifah, tetapi sebagian besarnya adalah karya terjemahan baik dari bahasa Arab maupun bahasa Inggris. Sedangkan buku karya anak negeri yang merangkum seluruh khalifah barulah buku ini. Penulisnya adalah wartawan yang pernah bekerja di Majalah Sabili dan mengasuh rubrik khusus seputar para tokoh dunia.

Dengan menelaah sejarah para khalifah kita bisa mengambil banyak pelajaran berharga, terutama cara berpolitik dan bernegara. Tidak selamanya praktik politik itu kejam, bahkan kesejahteraan rakyat dapat tercapai melalui aktivitas politik yang bersih dan lurus.[]

Sumber: penerbitanbuku.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*