Mahasiswa Galau

Jadi mahasiswa?? dag dig dug duueerrr, manis, asem, asin, campur-campur rasanya, mau tidur jadi gak nyenyak, mau bangun tapi pengen tidur.. Hhee..Itulah kebanyakan yang dialami mahasiswa baru ketika diterima masuk perguruan tinggi, alias jadi mahasiswa. Bukan cuman itu didukung dengan nama ITB, yang makin membuat bangga dan serasa gimana gitu..

Syukur alhamdulillah kami ucapkan kepada adik-adik yang telah berhasil diterima di Institut Teknologi Bandung ini, semoga makin banyak lahir generasi-generasi muda yang mampu mebawa bangsa dan dunia ini menjadi lebih baik.

Ada hal yang menarik, tentang satu pertanyaan yang cukup simpel yaitu  “Apa tujuan adik-adik masuk ITB?”. sudah adakah tujuannya adik-adik?? sudah adakah?? sudah ada tujuannya??

Kemungkinan besar masih ada yang kebingungan tentang hal tersebut, ada yang menjadikan ITB sebagai tujuan akhir, ada yang menjadikan ITB sebagai gengsi saja, dan lain-lain..

“Kamu tidak akan ke mana-mana apabila kamu tidak tahu ingin ke mana”

Belum terlambat dari sekarang untuk menentukan apa tujuan temen-temen ada disini.. Untuk membantu temen-temen menemukan tujuan diatas, yuk simak penjelasan dibawah ini..

Sekilas tentang mahasiswa

Tentu kita perlu mengetahui apa itu mahasiswa. Menurut KBBI mahasiswa adalah orang yg belajar di perguruan tinggi. Jadi sepertinya simpel, orang yang secara administrasi terdaftar diperguruan tinggi maka bisa dikatakan mahasiswa, tapi apakah hanya sekedar itu??Menyandang gelar mahasiswa tenyata tidak sesimpel itu, ada harapan dan sebuah perubahan yang dinantikan masyarakat dari keberadaan mahasiswa

Beberapa slogan yang sering berkaitan peran dan fungsi mahasiswa diantaranya adalah

- Agent Of Change, mahasiswa adalah agen perubahan, dengan segala potensi yang dimilikinya mahasiswa diharapkan akan membawa perubahan menuju lebih baik dari kondisi saat ini.

- Iron Stock, mahasiswa menjadi pengganti para pejuang/pemimpin perubahan yang ada saat ini.

- Guardian of value, mahasiswa menjadi penjaga nilai-nilai sosial, moral yang ada dimasyarakat,

Nah, dari sekilas tentang mahasiswa terjadi, mungkin sudah ada bayangan tentang arah temen-temen di kampus ini, namun kebanyakan hal diatas hanya menjadi pemanis saja, ada mahasiswa yang justru mereka sendiri menghancurkan nilai-nilai yang ada dimasyarakat, ada juga yang leha-leha dan kebanyakan mahasiswa hanya berfikir bagaimana untuk lulus, dapat IP gede, trus dapat kerja, selesai deh..

Apakah kondisi ini yang diharapkan??Tentunya bukan hanya itu, ada suatu nilai yang lebih dari pada itu yang bisa dicapai oleh mahasiswa.Apa itu?? Untuk mengetahuinya kita harus mengaitkannya dengan tujuan hidup kita ada di dunia ini, karena itulah tujuan hakiki kita, yang nantinya akan selalu kita bawa dan mendasari setiap tujuan lainnya.. let’s check it out..

Alasan Hakiki Keberadaan Manusia di Dunia

Sebagai Mahasiswa dan Seorang muslim, tentu perlu kita sadari bahwa segala sesuatu memiliki alasan mengapa dia ada. Handphone, buku, tas, pistol, piring, gelas, sendok dan teman-temannya pasti memiliki suatu alasan mengapa dia ada. Begitupun manusia, manusia ada karena ada alasan yang menyertai keberadaan manusia sendiri.

Sebagai contoh, Handphone , mengapa dia ada dan dibuat? untuk mengetahui alasan mengapa handphone itu ada, maka jawaban yang paling valid/shahih adalah jawaban yang bersumber dari pembuatnya. Ketika membeli handphone, kita diberi“manual instruction”yang berasal dari pabriknya/pembuatnya, berisi tentang spesifikasi handphone tersebut, bagaimana cara menggunakannya, anjuran pemakaiannya harus seperti apa, dan membantu menyelesaikan permasalahan yang timbul pada handphone tersebut.Dalam Manual instruction itu lah termuat alasankenapa handphone ada dan diciptakan.

Handphone tersebut tidak akan memiliki kendala selama dalam penggunaannya sesuai dengan manual instruction yang ada. contoh, dalam manual instruction ketika mengisi baterai, waktu yang diperlukan adalah 4 jam, kalau kita melakukan pengisian baterai misalnya 7 jam, maka akan timbul penurunan fungsi bahkan kerusakan pada handphone tersebut.

begitupun dengan manusia, kita harus mengetahui apa manual instruction kita, dan jawabannya adalah al-quran, Tujuan hidup manusia termaktub dalam al-quran surat Adz-dzaariyat ayat  56, yang artinya :

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.”

dalam ayat ini diterangkan tujuan hidup manusia dengan dua kata negasi, “tidak” dan “kecuali” ini berarti bahwa manusia diciptakan benar-benar hanya untuk beribadah kepada Allah dalam kehidupannya.

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa dan seorang muslim,  menjalankan 3 fungsi mahasiswa diatas saja tidak cukup, tetapi harus menjadi mahasiswa yang mengaitkan semua aktivitasnya semata-mata untuk beribadah kepada Allah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*