Arsip Kategori: Sistem Pemerintahan

Tamasya Bunaken Edisi 9 Sept 2016: Pemimpin Kafir, Haramkah?

68661Mahasiswa dituntut untuk terus-menerus memantau setiap kejadian disekelilingnya, memantau setiap sebab dan setiap akibat dari setiap isu. Kajian adalah bentuk cara mahasiswa untuk menyatukan fakta-fakta yang diperoleh, dan merumuskan tindakan apa yang harusnya kita--sebagai mahasiswa-- harus ambil.

Pada Tamasya Bunaken (Tausiyah Maghrib-Isya Bareng Unit Sunken) HATI ITB edisi jum'at kemarin 9 September 2016, kami mengangkat sebuah tema yang sedang santer di masyarakat kita, yaitu pencalonan Ahok--yang notabene seorang Kafir menurut definisi Islam--sebagai gubernur DKI Jakarta periode berikutnya.

Bersama Mashun Sofyan (BKLDK Bandung Raya) dan Ricky Aditya (HATI ITB) sebagai pembicara, Tamasya Bunaken mendiskusikan banyak hal mulai dari pendapat ulama mengenai keharaman mengangkat orang kafir sebagai pemimpin atas kaum muslim, hingga diskusi tindakan dan respon mahasiswa yang tepat menghadapi isu ini.

68660Diskusi yang berlangsung sejak pukul 17.00 hingga 19.15 di selasar Sunken Court ITB ini menghasilkan beberapa poin diskusi yang amat penting, yaitu bahwa 1). Haram hukumnya menyerahkan pengurusan umat islam ke tangan kaum kafir, dan 2). Hanya boleh memilih pemimpin yang secara terang-terangan mau menerapkan syariat Islam secara kaffah. 3). Bila tidak ada, maka harus dilakukan penyadaran umat, yang kita--dalam hal ini sebagai mahasiswa--harus terus menerus melakukan interaksi dengan massa kampus, dengan menekankan bahwa justru sistem yang rusaklah yang menjadi peluang kaum kafir menguasai umat Islam.

Wallahu'alam Bi Ashshowwab.